Linguistik

1.       Macam-macamPerubahanMakna
a.    menyempit/spesialisasi
Kata yang tergologkedalamperubahanmaknainiadalah kata yang pada awal penggunaannya bisa dipakai untuk berbagai hal umum, tetapi penggunaannya saat ini hanya terbatas untuk satu keadaan saja.
Contoh :
Sastra dulu dipakai untuk pengertian tulisan dalam arti luas atau umum, sedangkan sekarang hanya dimaknakan dengan tulisan yang berbau seni. Begitu pula kata sarjana (dulu orang yang pandai, berilmu tinggi, sekarang bermakna “lulusan perguruan tinggi”).

b. meluas/generalisasi
Penggunaan kata in iberkebalikan dengan pengertian menyempit.
Contoh :
Petani dulu dipai untuk seseorang yang bekerja dan menggantungkan hidupnya dari mengerjakan sawah, tetapi sekarang kata tersebut dipakai untuk keadaan yang lebih luas. Penggunaan pengertian petani ikan, petani tambak, petani lele merupakan bukti bahwa kata petani meluas penggunaannya.

c. amelioratif
Padaawalnya, kata ini memiliki makna kurangbaik, kurang positif, tidak menguntungkan, akan tetapi, pada akhirnya mengandung pengertian makna yang baik, positif, dan menguntungkan.
Contoh :
Wanita, pramunikmat, danwarakawurimerupakan kata-kata yang dipakaiuntuklebihmenghaluskan, menyopankanpengertian yang terkandungdalam kata-kata tersebut.

d. peyoratif
Makna kata sekarangmengalamipenurunannilai rasa kata daripadamakna kata padaawalpemakaiannya.
Contoh :
Kawin, gerombolan, oknum, danperempuanterasamemilikikonotasimenurunataunegatif.

e. asosiasi
Yang tegolongkedalamperubahanmaknainiadalah kata-kata denganmakna-makna yang munculkarenapersamaansifat. Seringkitamendengarkalimat “hati-hatidengantukangcatutitu.”
Tukangcatutdalamkalimatdiatastergolong kata-kata denganmaknaasosiatif.Begitu pula dengan kata kacamatadalam :menurutkacamatasaya, perbuatanandatidakbenar

f. sinestesia
Perubahanmaknaterjadikarenapertukarantanggapanantaraduaindera, misalnyadariinderapengecapkeinderapenglihatan.
Contoh:
Gadisituberwajahmanis. Kata manismengandungmaknaenak, biasanyadirasakanolehalatpengecap, berubahmenjadibagus, dirasakanolehinderapenglihatan. Demikianjuga kata panas, kasar, sejuk, dansebagainya.


0 komentar:

Posting Komentar